Kondisi Ibu dan Janin yang Sehat pada Trimester Kedua Kehamilan

Ketika kehamilan mencapai usia trimester kedua, tindakan kontrol kesehatan ibu hamil dan kondisi janin harus semakin ditingkatkan intensitasnya. Tidak jarang beberapa kelainan kehamilan ataupun kelainan tumbuh kembang janin baru dapat terdeteksi secara jelas. Beberapa jenis kelainan tumbuh kembang janin seperti anenchepali memang baru bisa terdeteksi lewat pencitraan USG dan tidak nampak melalui pemeriksaan kehamilan biasa. Apa saja ciri-ciri dan tanda-tanda kondisi ibu dan janin yang sehat pada trimester kedua kehamilan?

Berikut ini beberapa ciri-ciri dan tanda-tanda kondisi ibu dan janin yang sehat pada trimester kedua kehamilan yang diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  1. Berat badan. Seperti halnya kehamilan yang normal, berat badan ibu hamil pada trimester kedua kehamilan ini akan meningkat cukup signifikan yaitu berkisar antara 7-12 kg dari sebelum kehamilan tergantung dari asupan nutrisi dan jenis kelamin bayi. Bayi lelaki akan cenderung membutuhkan asupan nutrisi yang lebih banyak dibandingkan dengan bayi perempuan.
  2. Anemia. Deteksi dini anemia dapat terlihat melalui pemeriksaan warna kuku dan warna bibir bagian dalam. Apabila kedua bagian tubuh ini berwarna pucat, maka besar kemungkinan ibu hamil mengalami anemia. Serangan anemia ini akan membahayakan kondisi janin karena asupan oksigen bagi janin akan terhambat atau tidak optimal.
  3. Ukuran payudara. Ukuran payudara dan puting susu akan berubah menjadi lebih besar. Hal ini dimaksudkan sebagai persiapan masa menyusui yang kelak akan tiba. Mungkin yang perlu diperhatikan adalah ukuran payudara yang tidak seimbang antara kiri dan kanan, sehingga diperlukan tindakan penanggulangan.
  4. Keputihan normal. Lendir yang keluar dari vagina juga perlu diteliti dengan seksama, apakah dalam batas wajar atau keputihan normal, ataukah keputihan tak wajar yang bkehamilan-trimester-keduaerpotensi menyebabkan kegagalan kehamilan.
  5. Posisi tubuh. Perhatikan posisi tubuh atau tulang punggung ketika ibu hamil berjalan, apakah sedikit membungkuk atau normal. Posisi tubuh yang membungkuk ketika berjalan bisa jadi menandakan ibu hamil mengalami osteoporosis yang disebabkan oleh kalsium tulang yang diambil tubuh untuk tumbuh kembang janin. Segera kunjungi ahli medis untukmendapatkan solusi tepat mengatasinya sebelum kekurangan kalsium ini menjadi lebih parah.

Demikianlah beberapa ciri-ciri dan tanda-tanda kondisi ibu dan janin yang sehat pada trimester kedua kehamilan yang perlu diketahui oleh ibu hamil. Semoga bermanfaat.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>