Bagaimana Cara Menghilangkan Ngorok?

Selain mengganggu orang disekeliling, mendengkur atau ngorok juga berpotensi menyebabkan gangguan pernapasan bagian atas ketika tidur. Gangguan henti napas saat tertidur atau lebih dikenal dengan sleep apnea biasanya diawali dengan kebiasaan mendengkur atau ngorok dan apabila dibiarkan tanpa penanganan, beberapa jenis gangguan penyakit akut seperti stroke dan gangguan irama jantung mungkin saja bisa menyerang. Agar resiko beberapa jenis penyakit akut ini tidak makin besar, ada baiknya mengetahui beberapa tips dan triks cara menghilangkan ngorok atau mendengkur.

Berikut ini beberapa tips dan triks cara menghilangkan ngorok atau mendengkur sebagaimana diolah dari berbagai sumber, yaitu:

  1. Ganti posisi. Ganti posisi tidur merupakan cara termudah menghilangkan ngorok atau mendengkur. Posisi tidur yang dianjurkan untuk menghindari atau memperkecil terjadinya ngorok atau mendengkur adalah miring. Ketika tidur dalam posisi terlentang, melemahnya otot atau jaringan tenggorok akan menutup saluran napas bagian atas, sehingga memicu terjadinya ngorok.
  2. Bantal yang tinggi. Dengan menggunakan bantal yang tinggi, posisi kepala akan lebih tinggi dibandingkan posisi badan, sehingga memperkecil kemungkinan terjadinya hambatan pada saluran napas bagian atas. Sebagaimana diketahui, terjadinya hambataan pada saluran pernapasan bagian atas dapat memicu terjadinya mendengkur atau ngorok.
  3. Terapi kejut. Penggunaan alat terapi kejut dengan menggunakan teknologi Continuois Transcutaneous Electrical Stimulation, merupakan salah satu cara alternatif yang paling efektif dalam menghilangkan dengkur saat tidur. Cara kerja alat ini adalah memberikan sedikit kejutan listrik pada sekitar tenggorokan, sehingga saluran napas bagian atas yang semula terhambat menjadi sedikit terbuka. Terbukanya saluran napas ini akan memperkecil resiko terjadinya ngorok atau mendengkur.
  4. Angkat amandel. Operasi pengangkatan jaringan amandel ataupun jaringan cara-menghilangkan-ngorok denoid yang mengalami pembengkakan harus dilakukan agar tidak menghalangi saluran pernapasan bagian atas. Sebagaimana diketahui, pembengkakan jaringan amandel juga merupakan salah satu penyebab terjadinya mendengkur.

Salah satu cara menghilangkan ngorok atau mendengkur yang kiranya bisa dilakukan selain berbagai cara di atas adalah mencegah terjadinya obesitas. Menurut hasil penelitian yang pernah dilakukan, penderita obesitas akan cenderung lebih sering mengalami ngorok atau mendengkur dibandingkan mereka yang memiliki berat badan normal. Semoga bermanfaat.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>